ingatlah wahai sahabatQ... sesungguhnya ALLAH tidak akan membebani ummatnya melainkan sesuai dengan kesanggupannya.. karena Dia lebih mengetahui keadaan kita selama hidup ini...

Selasa, 04 Januari 2011

HUMAS GERAKAN

definisi HUMAS:
Memahami hubungan masyarakat atau public relations melalui satu atau dua definisi tidaklah mudah, karena sebuah definisi yang ada mungkin tidak mampu menggambarkan substansi kegiatan humas sesungguhnya apalagi dalam sebuah organisasi gerakan.

 Ada beberapa definisi konvensional mengenai definisi humas. public relations merupakan fungsi manajemen untuk mencapai target tertentu yang sebelumnya harus mempunyai program kerja yang jelas dan rinci, mencari fakta,merencanakan,mengkomunikasikan, hingga mengevaluasi hasil hasil apa yang telah yang dicapainya.
"public relations is planned, persuasive communication designed to influence significant public"(john E. marston"modern public relations",1979).

Secara spesifik, definisi umum PR disimpulkan sebagai seni dan gabungan dari disiplin ilmu manajemen, komunikasi, psikologi, sosial dan marketing, untuk membentuk agar perusahaan atau lembaga, nama dan produknya menjadi disukai dan dapat dipercaya oleh publicnya. Dalam hubungannya dengan target audience atau objek dakwah tersebut, dikenal 3 tipe apa yang disukai dan apa yang tidak disukai, yaitu sebagai berikut :
  1. Mengenal dan menyukai Anda.
  2. Mengenal dan tidak menyukai Anda.
  3. Tidak kenal maka tidak disukai .                    
 Dalam merumuskan pengertian tentang humas, kami merujuk pada study ilmu komunikasi yang kami ketahui,(tentunya disesuaikan dalam konteks organisasi mahasiswa), garis besarnya sebagai berikut: 
  1. Humas adalah kegiatan komunikasi persuasif dan terencana yang sengaja didesain untuk mempengaruhi public.
  2. Humas adalah presentasi positif suatu organisasi kepada masyarakat luas.
  3. Humas adalah komunikasi dua arah  antara organisasi dengan masyarakat luas secara timbal balik.
  4. Humas adalah mempertahankan hubungan baik antara organisasi dengan masyarakat. 
  5. Humas adalah manajemen komunikasi antara organisasi dengan masyarakat.
Sedangkan definisi humas gerakan adalah fungsi humas yang memvisualisasikan islam melalui komunikasi  yang baik dari humas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar